Merawat Barang-barang Keramik

PERALATAN rumah tangga sekarang ini sudah bervariatif, termasuk peralatan rumah tangga yang terbuat dari keramik dengan aneka variasi motif dan warna. Namun dalam pemilihannya, pilihlah yang lapisannya halus dan tidak banyak yang berpori-pori besar.

Sebaiknya untuk pemilihan warna keramik, pilihlah warna-warna yang netral yang mudah untuk dipadu padankan, seperti putih, cokelat dan biru tua serta hitam. Hal ini perlu dilakukan mengingat warna seperti akan lebih menarik dan lebih mudah dipadukan dengan warna ruangan.
Istimewa

Istimewa

Untuk merawat peralatan keramik ini, lakukan hal sebagai berikut:

1.Cuci keramik dengan air sabun yang hangat, kemudian lap keramik sampai kering
Istimewa

Istimewa

2.Jangan pernah menumpuk peralatan keramik karena akan merusak warna dan motif.

3.Pastikan ada ruang dalam penataan antara keramik yang satu dengan keramik yang lainnya. Hal ini untuk menghindari adanya gesekkan pada keramik yang akan mengakibatkan retak atau cacat.

4.Selain melalui perawatan diatas, Anda bisa gunakan belimbing wuluh. Belimbing wuluh memiliki kadar asam yang tinggi, sehingga mampu menghilangkan noda pada paralatan apapun yang terbuat dari keramik.
Istimewa

Istimewa

5. Pilih belimbing wuluh yang matang, jangan terlalu tua supaya khasiatnya maksimal. Jika menggunakan belimbing wuluh yang tua, kadar asamnya sudah berkurang.

Untuk melakukannya, bahan yang diperlukan adalah belimbing wuluh (sayur), Sikat plastik atau sikat gigi, lap kering atau basah, sabun colek, dan sarung tangan plastik
Istimewa

Istimewa

Untuk mengerjakannya yang harus dilakukan adalah upas bagian dalam belimbing wuluh. Setelah itu gosokan permukaan keramik secara merata, lalu diamkan selama 10 menit supaya kadar asamnya bekerja.

Bersihkan keramik dengan menggunakan sikat plastik dan gosokan satu arah baik horizontal atupun vertical sampai semua noda terangkat. Lap keramik dengan kain basah atupun kering, lap secara perlahan dan sedikit ditekan, sehingga keramik akan bersih kembali.

Hindari penggunaan air sewaktu menggosok belimbing wuluh di permukaan keramik, karena air akan mengurangi kadar asamnya. Sedangkan perawatan keramik, kadar asam yang tinggi itu sangat diperlukan untuk mengembalikan kilau dan bersihnya keramik.

Sumber : www.tnol.co.id
 
Your Name :
Your Email :
Subject :
Message :
Image (case-sensitive):