Trik Merawat Keramik

HOBBY - Sudah menemukan jenis keramik yang pas? Jika sudah, jangan lupa untuk selalu merawatnya. Apalagi keramik biasanya memberikan tiga masalah umum. Apa saja itu, dan bagaimana cara yang tepat untuk merawatnya?

1. Warna pudar. Biasanya masalah ini disebabkan oleh noda cairan yang tumpah ke atas keramik atau penggunaan produk pembersih yang terlalu keras.
Cara mengatasi: Untuk keramik dengan finishing gold atau silver, cukup bersihkan dengan menggunakan lap basah. Jika ingin memakai cairan pembersih, pastikan produk yang kita pakai mengandung zat kimia yang tidak terlalu keras dan lebih bagus lagi kalau mempunyai zat pelindung warna.

2. Jamuran. Buruknya kualitas keramik yang mudah menyerap air dan suhu udara yang lembap merupakan faktor utama yang menyebabkan lantai keramik kita mudah berjamur.
Cara mengatasi: Buatlah formula “ajaib” pembasmi jamur dengan mencampurkan satu sendok bubuk kristal (bisa dibeli di toko kimia) dan ¼ air dalam ember kecil. Gunakan spons dan celupkan ke dalam larutan kristal yang telah kita buat tadi. Lalu, gosokkan ke satu arah pada keramik yang berjamur. Jika jamur membandel, tambahkan takaran bubuk kristal dalam larutan mejadi dua sendok.

3. Lantai keramik terlepas, diakibatkan oleh rencana pemasangan yang kurang matang atau “usia” pemakaian keramik yang sudah terlalu lama.
Cara mengatasi: Gantilah dengan keramik yang baru. Gunakan takaran adonan pasir dan semen yang pas sebelum melakukan pemasangan. Jangan lupa, perhatikan pula struktur bangunan dan pergeseran tanah pada rumah kita.

Tip: Cegah terjadi goresan pada keramik dengan pemilihan alat pembersih yang tepat. Dan, cara paling sederhana adalah dengan menyapu dan mengepel lantai keramik menggunakan pel poliester atau spons (sponge mop). Kenapa? Karena penggunaan pel polyester memungkinkan kita langsung mengepel tanpa harus menyapu lantai terlebih dahulu, sedangkan pel spons memiliki keunggulan dari sisi bahan yang lembut dan relatif lebih murah.

(Christina/Astrid Anastasia/Prevention Indonesia Online)
 
Your Name :
Your Email :
Subject :
Message :
Image (case-sensitive):